Program Layanan Masyarakat dan Agenda Rutin di Desa Singosaren

28 Juli 2018 11:30:09 WIB

Desa Singosaren memiliki beberapa kegiatan rutin dan layanan masyarakat yang berjalan sampai saat ini. Hal ini sangat berguna karena bertujuan untuk kebermanfaatan masyarakat Singosaren itu sendiri. Program layanan dan agenda rutin di setiap dusunpun tidaklah sama. Berikut adalah beberapa program dan kegiatan yang telah ada di desa Singosaren :

Dusun Singosaren 1 :

  1. PKK dan Dasa Wisma
    PKK (Pendidikan Kesejahteraan Keluarga) yang ada di dusun ini dibagi menjadi dua berdasarkan luas cakupannya, yaitu PKK tingkat dusun dan PKK tingkat RT. Selain PKK juga ada Dasa Wisma (Dawis), yaitu kelompok ibu yang berasal dari 10 kepala keluarga. Salah satu bentuk kegiatan Dawis adalah membantu jalannya acara PKK.
  2. Kelompok Wanita Tani
    Kelompok Wanita Tani (KWT) di dusun ini terbentuk dengan tujuan untuk mendukung peran wanita dalam usaha peningkatan hasil tani dan produktivitas usaha tani, yang pada akhirnya dapat meningkatakan kesejahteraan masyarakat dan merealisasikan ketahanan pangan di dusun Singosaren 1.
  3. Takmir
    Takmir dibentuk di dusun Singosaren 1 untuk mengurus segala sesuatu yang ada di masjid Singosaren 1 (seperti masjid Al-Ikhlas), terutama kegiatan-kegiatan dari luar yang hendak diadakan di masjid, bertanggung jawab kepada masyarakat melalui musyawarah jama’ah, dan memakmurkan masjid. Takmir biasanya mengadakan kegiatan pengajian, dan terkadang melakukan pembangunan fisik bagi masjid.
  4. Pokgiat
    Pokgiat (Kelompok Kegiatan) juga dibentuk di dusun ini. Beberapa hal yang biasanya dikerjakan oleh pokgiat adalah pembangunan fisik seperti corblok jalan, irigasi, dan sebagainya.
  5. Rapat RT
    Salah satu kegiatan rutin yang ada adalah rapat rutin tingkat RT di Singosaren 1.
  1. Jalan Sehat RT
    Salah satu agenda rutin lainnya adalah jalan sehat tingkat RT. Jalan sehat ini biasanya diselenggarakan sebulan sekali oleh masing-masing RT di Singosaren 1.
  1. Rapat PKK
    Rapat rutin PKK di Singosaren 1 juga dilaksanakan sebulan sekali.
  1. Posyandu
    Posyandu yang ada di dusun Singosaren 1 terbagi menjadi dua, yaitu Posyandu Balita (untuk anak-anak berusia di bawah 5 tahun) yang bernama Kartikasari, dan Posyandu Lansia (untuk orang dewasa dengan kisaran usia kira kira di atas 45 tahun). Layanan posyandu ini biasanya dilakukan di pendopo (dekat rumah Bapak Endar Gunawan selaku Dukuh Singosaren 1).
  1. PAUD
    Layanan pendidikan seperti PAUD bagi anak-anak balita juga telah ada di dusun ini. PAUD ini bernama PAUD Jelita. PAUD di sini tergolong belum lama dibentuk, yaitu sekitar setahun yang lalu. Layanan PAUD biasanya diadakan di pendopo tiga kali seminggu.
  1. Kelompok Muda-Mudi
    Kelompok Muda-Mudi juga ada di dusun ini. Ketua Kelompok Muda-Mudi Singosaren 1 saat ini adalah Mas Yongki
  2. Rapat lainnya
    Rapat lainnya juga diadakan secara rutin di dusun Singosaren 1, salah satunya musyawarah dusun, dan rapat-rapat lainnya lain juga melibatkan dusun lain seperti musyawarah desa, jaring aspirasi, dan lain-lain.

 

Dusun Singosaren 2 :

  1. Posbindu
    Layanan Posbindu (Pos Pembinaan Terpadu) telah berjalan di dusun Singosaren 2. Layanan ini bertujuan untuk megendalikan tren penyakit tidak menular. Penyakit tidak menular itu seperti hipertensi, diabetes, stroke, serangan jantung, gagal ginjal, dan sebagainya, sehingga fokus utama peserta Posbindu adalah orang-orang dewasa dan juga lansia.
  2. Posyandu
    Layanan Posyandu di dusun ini juga dibagi menjadi dua, yaitu Posyandu Balita dan Posyandu Lansia. Posyandu ini biasanya diadakan di rumah Bapak Kuwatno. Posyandu Balita bernama Suryasari.
  3. Rapat Bapak/Ibu
    Salah satu agenda rutin Singosaren 2 adalah rapat rutin Bapak dan Ibu.1
  1. Pengajian
    Pengajian juga merupakan agenda rutin oleh takmir masjid untuk warga yang biasanya diselenggarakan di masjid Singosaren 2 setiap malam Jumat legi.
  1. Pertemuan Pemuda
    Pertemuan Pemuda adalah salah satu agenda rutin dari Kelompok Muda-Mudi Singosaren 2 (Lasido).
  1. Pengumpulan Barang Bekas (Rosok)
    Kelompok Muda-Mudi Singosaren 2 juga melakukan pengumpulan barang bekas (rosok) milik warga Singosaren 2. Barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai (seperti sampah anorganik yang masih memiliki nilai jual) diambil oleh Kelompok Muda-Mudi dengan cara mengelilingi dusun, kemudian barang-barang tersebut dikumpulkan, dan dijual ke pengepul.
  1. PAUD
    Layanan PAUD juga diadakan di Singosaren 2. Fasilitas pendidikan untuk anak-anak balita ini bernama Mutiara Harapan dan biasanya diadakan di rumah Pak Maryono (warga RT 05).
  1. PKK dan Dasa Wisma
    Program PKK (Pendidikan Kesejahteraan Keluarga) yang ada di dusun ini dibagi menjadi dua berdasarkan luas cakupannya, yaitu PKK tingkat dusun dan PKK tingkat RT. Selain PKK juga ada Dasa Wisma (Dawis), yaitu kelompok ibu yang berasal dari 10 kepala keluarga. Salah satu bentuk kegiatan Dawis adalah membantu jalannya acara PKK.
  1. Rapat lainnya
    Rapat lainnya juga diadakan secara rutin di dusun Singosaren 2, salah satunya musyawarah dusun, dan rapat-rapat lainnya lain juga melibatkan dusun lain seperti musyawarah desa, jaring aspirasi, dan lain-lain.

 

Dusun Singosaren 3 :

  1. PKK dan Dasa Wisma
    Program PKK (Pendidikan Kesejahteraan Keluarga) yang ada di dusun ini dibagi menjadi dua berdasarkan luas cakupannya, yaitu PKK tingkat dusun dan PKK tingkat RT. Selain PKK juga ada Dasa Wisma (Dawis), yaitu kelompok ibu yang berasal dari 10 kepala keluarga. Salah satu bentuk kegiatan Dawis adalah membantu jalannya acara PKK.
  1. Kelompok Kandang Ternak
    Dusun Singosaren 3 juga memiliki suatu kelompok, yaitu Kelompok Kandang Ternak, mengingat adanya sektor peternakan di dusun ini.
  1. Posyandu
    Layanan Posyandu di dusun ini juga dibagi menjadi dua, yaitu Posyandu Balita dan Posyandu Lansia. Posyandu Balita bernama Candrasari.
  1. PAUD
    Layanan PAUD juga diadakan di Singosaren 2. Fasilitas pendidikan untuk anak-anak balita ini bernama Annisa dan biasanya diadakan di pendopo Singosaren 3.
  1. Kelompok Muda-Mudi
    Kelompok Muda-Mudi juga aktif di dusun ini. Kelompok ini ada di masing-masing RT.
  1. Takmir
    Takmir (pengurus Masjid) juga ada di dusun ini. Agenda rutin yang biasanya digelar adalah pengajian, TPA untuk anak-anak, dan lain-lain.
  1. Rapat
    Rapat rutin yang biasanya digelar adalah rapat rutin warga, musyawarah dusun, musyawarah desa, jaring aspirasi, dan lain-lain.

 

Komentar atas Program Layanan Masyarakat dan Agenda Rutin di Desa Singosaren

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Karawitan Ibu-ibu

Pengumuman

...Ketikkan Pengumuman disini....

Kalender

Mbangun Desa

Lokasi Singosaren

tampilkan dalam peta lebih besar