Visi dan Misi Lurah Desa Singosaren Periode 2018-2024

31 Januari 2017 19:48:35 WIB

1. Visi

Visi Lurah Desa Singosaren untuk 6 (enam) tahun mendatang (2019-2024) adalah : “Terwujudnya Desa Singosaren Yang Agamis, Kuat, Maju, Damai, Sejahtera, Dan Gotong Royong Dengan Mengoptimalkan Potensi Sumber Daya Manusia (SDM), Sumber Daya Alam (SDA), Dan Sosial Budaya Dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).“

Visi tersebut mengandung pengertian bahwa Pemerintah Desa Singosaren berkeinginan memaksimalkan potensi sumber daya yang ada serta nilai-nilai luhur social budaya untuk mewujudkan kehidupan agamis, kuat, maju, damai, sejahtera dan gotong royong.

Makna dari masing-masing kata yang terdapat dalam visi tersebut adalah sebagai berikut :

  • Agamis dalam arti mewujudkan kondisi masyarakat yang masyarakat yang menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur keagamaan.
  • Kuat dalam arti Pemerintah Desa bersama masyarakat akan senantiasa bahu-membahu gigih berjuang menghadapi setiap tantangan dalam pembangunan desa.
  • Maju dalam arti desa yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata.
  • Damai dalam arti kehidupan masyarakat yang ayem, tentrem dan tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang memecah belah persatuan dan keharmonisan.
  • Sejahtera dalam arti bahwa kebutuhan dasar masyarakat Desa Singosaren terpenuhi secara lahir dan batin. Kebutuhan dasar tersebut berupa kecukupan dan mutu pangan, sandang, papan, kesehatan, pendidikan, kebudayaan, rekreasi serta tersedianya lapangan pekerjaan dan kebutuhan dasar lainnnya.
  • Gotong royong dalam arti bersemangat untuk saling membantu dan kerjasama secara sukarela.

 

2. Misi

Misi merupakan pernyataan tentang tujuan operasional pemerintah desa yang diwujudkan dalam kegiatan ataupun pelayanan dan merupakan penjabaran dari visi yang telah ditetapkan. Pernyataan visi merupakan cerminan tentang segala sesuatu yang akan dilaksanakan untuk mencapai gambaran kedepan yang diinginkan.

Misi Desa Singosaren dalam RPJM Desa Tahun 2019-2024 adalah sebagai berikut:

  1. Mewujudkan masyarakat desa yang religius, sehat, dan bersih lahir batin dalam setiap bidang kehidupan dalam bentuk peribadatan kepada Alloh SWT.
  2. Meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat yang bertumpu pada keadilan dengan memaksimalkan aset desa (tanah kas desa, pasar desa, parkir wisata, dan tenaga kerja di lingkungan perusahaan) serta membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa).
  3. Meningkatkan kualitas bidang pendidikan formal dan non formal, baik dari segi sarana maupun tenaga kependidikan meliputi PAUD, TK, Kejar Paket B & C, maupun kursus-kursus.
  4. Meningkatkan bidang kesehatan dan lingkungan, pengelolaan sampah mandiri, tamanisasi, dan tempat bermain.
  5. Meningkatkan bidang kepemudaan dan olah raga (Karang Taruna) sebagai usaha menyiapkan generasi penerus yang tangguh dan tanggap terhadap perubahan zaman.
  6. Meningkatkan bidang sosial budaya sebagai ekspresi kearifan lokal menuju desa wisata dan membuka Kawasan Cagar Budaya Bokong Semar.
  7. Meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat yang efektif, transparan, dan akuntabel serta mengoptimalkan fungsi lembaga-lembaga desa.
  8. Melakukan sinergi pembangunan infrastruktur yang terpadu dan berkesinambungan.

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Karawitan Ibu-ibu

Pengumuman

...Ketikkan Pengumuman disini....

Kalender

Mbangun Desa

Lokasi Singosaren

tampilkan dalam peta lebih besar